Tidur siang , dan kebutuhan tidurku

Tulisan ini membahas sedikit tentang tidur yang bisa dibilang menjadi suatu hal yang pasti saya lakukan setiap harinya.

Dan saya adalah orang yang suka sekali tidur siang.. Tidur siang itu berbeda dengan tidur di malam hari. Tidur siang lebih powerful dan addicted. Ada sensasi yang lebih puas dan nikmat setiap bangun dari tidur siang, ibarat console game yang bisa direset begitu juga saya ketika bangun dari tidur siang. Seperti mengalami pembaruan ke kondisi dimana semangat , kewaspadaan dan konsentrasi berada di tingkat tertingginya.

Tidur siang memberi saya kesempatan mengisi lagi kekuatan otak,kemampuan konsentrasi tinggi , semangat dan ketelitian dalam menghadap sesuatu.POWERFUL. dan sensasi dari setiap proses tersebut yang membuat ADDICTED.

Setiap bangun tidur siang ada selalu yang bisa saya rasakan nyata di tubuh

1 . semangat , semangat dalam melakukan yang ditinggal saat tidur.

2. Lebih berkonsentrasi dari sebelum tidur

3. Dan lebih waspada akan apapun yang dilakukan.                

 

Walaupun sebegitu powerful dan addicted nya tidur siang ini , gak sembarangan tidurnya. Ada seni yang terkandung didalamnya. Seni tidur siang. Dan gak boleh sembarangan tidur siang.

 

Ada hal yang mempengaruhi kualitas yang dihasilkan dari ritual tidur siang yang saya lakukan , yaitu DURASI dari setiap tidur siang dan ada beberapa hal lain.

Menurut pengalaman saya :

  1. Pukul 13.00 – 15-00 adalah jendela waktu yang paling sempurna untuk melakukan ritual tidur. Jika saya tidur pada pukul 15.00 lewat , maka ketika bangun biasanya serasa berat dan pusing bukannya jadi semangat dan konsentrasi malah jadi malas dan maunya tidur dan tidur lagi.
  2. Durasi tidur antara 10-20 menit adalah durasi tidur yang tepat untuk sekedar menghilangkan rasa ngantuk dan memunculkan semangat yang tadinya hilang ketika sebelum tidur.
  3. Durasi 30 – 40 menit adalah durasi tidur paling sempurna yang cocok buat ritual tidur, saat bangun akan terasa lebih semangat dan konsentrasi seperti kembali lagi layaknya pagi hari.
  4. Biasanya sebelum tidur saya minum air putih 2 gelas, fungsinya sih biar lebih adem pas tidur. Dan juga bisa keringat jadinya gak kering- kering kita kulit. Dan minum air sebanyak itu bisa sebagai alarm alami , karena setelah 40 menit biasanya saya sesak buang air kecil jadinya bisa terbangun tanpa dibangunin karena sesak ingin ke toilet.

Gak tau kalau itu memang mekanisme tubuh apa tidak , yang pasti itu terjadi dengan saya.

 

Mungkin hal – hal diatas adalah pandangan awam tentang tidur siang yang bisa saya rasakan sendiri saat saya melakukan ritual tidur siang itu sendiri, tetapi apakah benar memang bahwa tidur siang itu berguna?
adakah artikel yang dibuat orang lain yang bisa mendukung pengalaman saya ini. Apakah pengalaman saya ini hanya saya yang bisa melakukannya ? atau ada penelitian tentang itu.

 

Kemudian saya search di mbah google tentang manfaat tidur siang ini, ternyata ada beberapa artikel menarik dari media online.

Seperti bahwa durasi tidur yang tepat itu sekitar 10 – 30 menit. Ini artikelnya http://health.kompas.com/read/2013/04/02/12364339/Jangan.Ragu.Tidur.Siang.

Kemudian ada juga ini

http://bacabaca.co.id/tidur-siang/

kemudian ini juga

http://www.menshealth.co.id/kesehatan/antar.kita/tidur.siang.daya.ingat.lebih.tajam/004/004/120

 

tadinya saya takut juga bahwa pengalaman saya adalah kelainan yang parah dan hanya terjadi pada saya sendiri ternyata setelah membaca 2 artikel diatas setidaknya rasa takut tadi hilang. Hehehehe

 

Tapi sebenarnya berapa durasi tidur yang saya perlukan setiap hari untuk mendapatkan kondisi optimal dan maksimal atas saya. Setelah membaca artikel yang dihimpun tadi , saya jadi penasaran mencari informasi yang lebih dalam akan berapa jam waktu yang saya perlu habiskan untuk tidur itu.

Apakah benar tubuh saya memerlukan tidur setidaknya 8 jam dalam sehari ?

Apakah itu Cuma mitos?

Kemudian saya dapat artikel di majalah time online

http://content.time.com/time/health/article/0,8599,1812420,00.html

 

kalo menurut artikel yang dihimpun dari beberapa penelitian dan study yang dilakukan para pakar – pakar bidang “tidur” , ada gitu ya pakar – pakar tidur. Mungkin kerjaan orang – orang ini meneliti bagaimana tidur yang baik dan keren. Habis belajar di kampus hanya untuk membahas tidur. Salut buat mereka ini.

Loh kok malah ngelantur kemana mana, sorry- sorry buat yang membaca ini. 😀

Balik lagi bahwa menurut artikel itu durasi yang baik buat saya habiskan untuk tidur dalam sehari adalah bekisar antara 6,5 – 7,5 jam.

Bahkan disitu dibuat bahwa tidur 8 jam atau lebih itu lebih buruk dari tidur sekitar 5 jam saja dalam sehari.

Jadi kata kata orang yang bilang kita perlu tidur setidaknya 8 jam itu mitos juga kekynya. Menurut artikel tadi ya.

Jadi kalo saya menggunakan waktu 6,5 jam sehari, maka saya hanya membutuhkan tidur 6 jam saja di malam hari , karena 0,5 jamnya akan bisa dipakai untuk tidur siang.

Jika saya harus bangun jam 6 pagi setiap pagi , maka setidaknya saya harus sudah tidur ketika jam menunjukkan pukul 00.00. at least itulah yang biasa saya lakukan sebelum membaca semua artikel ini.

Tapi bisa aja artikel yang saya baca ini salah , mungkin aja itu kurang bisa dijadikan patokan dari setiap orang untuk memakai durasi tidur yang cocok.

Kalo diliat dari sadurannya sih kalo majalah time itu kan salah satu majalah yang punya independensi yang baik, juga memiliki integritas dan kredibilitas yang cukup baik sebagai salah satu penyedia layanan informasi apapun yang dibutuhkan oleh tiap orang.

Jadi buat saya artikel yang saya kutip dan baca cukup baik sebagai pedoman dan penyokong tulisan ini.

 

Semoga tulisan ini punya manfaat buat saya, dan juga berharap punya manfaat juga buat orang lain yang baca.

 

Thanks

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s