kataku buat PLN…

Beberapa waktu belakangan ini kesabaran saya akan PLN daerah sumut mulai habis, saya kesal dengan krisis listrik yang terjadi di medan. Listrik mati 2 sampai 3 kali dalam sehari, sekali mati durasi bisa 3 jam. Krisis ini uda terjadi beberapa tahun ini dan sampai sekarang belum ada upaya signifikan dari pihak PLN yang berusaha biar krisisnya bisa di selesaikan. Kalau mau dihitung uda berapa kerugian yang harus di tanggung sama jutaan warga medan ?

Untung orang medan itu kaya sabar, bertahun – tahun sejak tahun 2005 mengalami krisis listrik tetap sabar menunggu dan berharap PLN bisa bekerja maksimal dan menyelesaikan masalah itu. Setahun berlalu PLN belum ada perkembangan juga, masuk tahun kedua juga begitu tapi tetap warga medan sabar. Dan sekarang tahun 2014 krisis listrik sudah masuk tahun ke 9.

Dan tepat seperti perkiraan medan masih krisis listrik. Jika diibaratkan pemilihan presiden krisis listrik medan ini sudah masuk tahun – tahun terakhir pada periode II setahun lagi abis masa jabatan. Masalah ini juga yang buat saya pesimis dengan presiden RI. Krisis telah terjadi 9 tahun dan itu terjadi juga pada masa jabatan presiden SBY yang sekarang sudah masuk tahun-tahun akhir jabatan, dan selama itu juga presiden saya yang tercintai ini tidak dapat melakukan apa apa. Maafkan saya pak SBY jika tulisan ini turut menyinggung bapak, tapi begitulah memang mungkin bapak telah melakukan banyak hal, telah melakukan berbagai hal untuk dapat menyelesaikan masalah krisis listrik ini. Tapi upaya bapak selama ini tidak bisa saya lihat karena tidak ada hasil nyata dalam 9 tahun krisis listrik ini. Begitu juga jajaran PLN, saya yakin mereka telah melakukan yang mereka bisa untuk dapat menyelesaikan masalah krisis listrik di medan, tapi karena tidak ada hasil nyata yang dihasilkan dalam 9 tahun terakhir ini, itu sama saja seperti tidak melakukan apa – apa.

Dan sebagai warga Negara dan warga medan yang sabar tentu saya turut menyesal dengan masalah ini dan mengapa ini belum juga terselesaikan. Begitu banyak pakar dan orang pintar yang ahli di bidang energi, tetapi mengapa masalah ini belum juga bisa di atasi.

Apa yang salah?

Begitulah pikiran yang muncul di pikiran saya saat kesabaran saya habis melihat krisis listrik di medan. Tetapi kemudian saya terpikir lagi

Apakah memaki dan menjelek-jelekan dapat menyelesaikan krisis listrik?

TIDAK

Apakah diam-diam sabar dan menunggu pemerintah atau PLN bekerja itu efektif menyelesaikan krisis listrik ?

9 tahun bersabar dan tak ada perkembangan yang positif.

Jawabanya TIDAK

Daripada diam menunggu, turut serta dalam upaya mengatasi krisis itu lebih baik walaupun mungkin itu upaya kecil. Karena saya tinggal dimedan dan saya juga warga medan dan saya juga punya hak dan kewajiban turut serta atas apa yang terjadi di medan.

Saya mau memberi masukan buat PLN melalui artikel dalam blog ini, selama ini PLN selalu mengatakan sumber krisis listrik di medan dan sekitarnya karena kekurangan daya. Beberapa upaya memang telah dilakukan, dengan pembangunan pembangkit listrik baru, renovasi pembangkit listrik lama untuk menambah daya, dan lainnya. Tapi upaya yang telah berjalan lama 9 tahun ini masih juga belum bisa mengatasi krisis listrik yang terjadi di medan dan sekitarnya.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hal ini diantaranya adalah :

  1. Pembangkit listrik yang kurang bisa menanggung beban daya.

Laju pertumbuhan penggunaan daya listrik di medan tidak diikuti dengan perkembangan infrastruktur energy yang memadai, sehingga kadang sering menjadi kekurangan daya.

  1. Ketergantungan PLN akan sumber energi fosil seperti BBM, dan juga batubara terkadang menjadi masalah karena beban biaya yang harus ditanggung PLN.
  2. Tidak adanya backup plan yang bisa menjadi sumber cadangan daya yang bisa dipakai oleh PLN jika pembangkit listrik rusak.

Salah satu alternatif cara yang mungkin bisa menjadi solusi hal ini adalah pemanfaatan sumber energi terbarukan, Ada beberapa sumber energi terbarukan yang bisa di kembangkan di Indonesia. Salah satunya adalah geothermal, saat ini sumatera utara adalah salah satu daerah di Indonesia yang punya potensi besar dalam pengembangan energi geothermal. Terdapat beberapa daerah yang bisa dijadikan sumber energi geothermal dan jika dikembangankan dengan baik ini bisa menjadi solusi yang bisa dipakai dalam menangani krisis kekurangan daya di daerah sumatera utara khususnya medan.

Mengapa geothermal bisa menjadi alternatif solusi dalam menangani krisis listrik, ada beberapa hal diataranya yaitu :

  1. Sumatera salah satu daerah di Indonesia yang punya potensi besar akan sumber energi geothermal.
  2. Energi geothermal sangat ramah lingkungan, karena tidak menyebabkan efek rumah kaca dan tidak membutuhkan bahan bakar fosil dalam produksinya.
  3. Setelah dibangun pembangkit tenaga geothermal tidak membutuhkan banyak pemiliharaan, sebab ini adalah pembangkit yang mandiri.

Melihat beberapa alasan diatas sekiranya geothermal dapat menjadi sumber energi alternatif yang bisa dipakai sebagai solusi dalam pemenuhan kebutuhan daya yang besar di daerah sumatera utara khusunya medan dan sekitarnya.

Saya berharap tulisan ini bisa menjadi masukan yang memacu pihak PLN atau pihak terkait lainnya untuk mendalami alternatif energy geothermal yang potensinya cukup besar di daerah sumatera utara.

Sekian dan terima kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s