media online, penyedia informasi menebus batas dunia.

Internet sebagai teknologi paling berkembang saat ini membuat akses terhadap suatu informasi bisa lebih cepat dan efisien. Kalau zaman dulu salah satu sumber informasi selain buku, yaitu surat kabar. Tapi surat kabar itu selalu diterbitkan pagi hari, jadi untuk bisa mengetahui informasi tentang yang terjadi hari ini, beritanya baru dimuat di surat kabar besok paginya. Itupun kalau beritanya yang memang berita yang besar dan berasal dari daerah yang cukup besar. Misalnya kalau kejadian kecelakaan bus di daerah kota besar seperti Jakarta. Atau misalnya informasi tentang artis kota Jakarta. Hal itu bisa terjadi karena terjadi dijakarta, salah satu kota besar di Indonesia dan sekaligus sebagai ibukota negara. Oleh karena itu berita dari tempat itu akan membuat berita itu besar.

Kenapa hal itu bisa terjadi, karena terbatasnya halaman dari surat kabar tersebut membuat pihak redaksi pasti memilih informasi atau berita yang memang akan memancing banyak pembaca. Salah satunya berita dari kota besar seperti Jakarta. Hal ini membuat informasi yang sama, tapi dari daerah lain yang mungkin lebih kecil dan tidak setenar Jakarta jadi kurang diperhatikan. Misalnya kejadian banjir, jika terjadi dijakarta, maka surat kabar akan memuat hal itu sebagai judul utama surat kabar mereka, baik itu surat kabar Jakarta, maupun surat kabar daerah lain. Karena memang itu akan memancing banyak pembaca. Dibandingkan misalnya kejadian yang sama, banjir di daerah provinsi riau.

Hal yang seperti ini akan membuat Jakarta akan lebih tenar lagi, karena begitu banyak informasi yang dimuat. Sedangkan bagi daerah lain yang lebih kecil akan sulit menjadi setenar Jakarta.

Apa gunanya suatu daerah menjadi tenar?

Bisa banyak keuntungannya, jika suatu daerah lebih banyak dibahas, otomatis informasi dari daerah itu lebih banyak digali. Nah informasi itu jika dibaca orang lain, bisa membuat orang mengenal daerah itu dengan lebih baik.

Untuk apa hal itu terjadi?

Bisa banyak hal juga, misalnya jika terjadi banjir seperti di provinsi riau tadi, kalau saja itu bisa mejadi berita besar nasional, hal itu akan memancing orang yang melihat untuk turut membantu. Dan juga mereka bisa tahu bagaimana dan harus gimana agar bisa membantu korban banjir.

Itu masih soal banjir, bagaimana misal soal investasi. Jika informasi akan daerah itu lengkap. Para investor akan lebih tertarik dengan investasi didaerah tersebut.

Tapi sekarang diera digital dan perkembangan internet yang semakin pesat lagi, kesempatan daerah lain untuk bisa se-tenar Jakarta terbuka lebar. Dengan internet dan era digital, media surat kabar yang tradisional sekarang bergeser sedikit kearah digital yang lebih mudah dan baik.

Dengan munculnya era digital dengan internet sebagai rodanya, semua redaksi surat kabar yang dulunya fokus dengan informasi yang dimuat dalam kertas Koran, sekarang menambah sarannya dengan digital.

Kita bisa mengakses informasi dengan internet dan sarana digital, dengan lebih mudah dan cepat. Kalau dulu kita dapat informasi baru di pagi hari, dengan internet kita bisa mendapatkan informasi itu pada hari itu juga, bahkan ada yang bisa dapat pada saat itu juga. Misalnya ada kejadian ledakkan bom di suatu daerah, informasi tentang itu bisa kita dapatkan beberapa saat setelah kejadiannya dengan mengakases internet. Dengan internet informasi bisa tersebar dengan lebih cepat.

Hal ini membuat istilah baru, yang disebut dengan media online.

Tiap daerah, tiap orang, tiap siapapun yang ingin menyampaikan sesuatu baik itu informasi yang terjadi, atau informasi tentang suatu daerah, seperti informasi wisata, investasi, sosial budaya, atau apapun itu, sekarang bisa melakukannya dengan media online.

Media online membuat batas daerah dan waktu yang selama ini menjadi kendala bisa diminimalisir atau dihilangkan. Misal daerah wisata yang dahulunya masih kurang dilirik karena memang berada didaerah terpencil, dengan media online kita bisa mempromosikannya lebih mudah dan cepat. Bahkan informasi yang kita tampilkan dengan media online tersebut juga bisa langsung diakses oleh orang-orang dari luar negeri. Hal ini membuat media online sangat efektif dan baik untuk menyampaikan informasi.

Hal ini lah yang disadari beberapa daerah diindonesia, sekarang beberapa kota diindonesia seakan berlomba-lomba memanfaatkan sarana media online tersebut untuk menampilkan informasi akan daerahnya, agar orang yang membaca bisa mengenal daerah tersebut dengan lebih baik.

Salah satu portal media online yang getol menyediakan informasi tentang daerahnya adalah riaubook, dengan tagline mereka “Buku Elektronik Riau”. Mereka dengan konsisten menyediakan informasi dan berita riau, kepulaaun riau dan sekitarnya. Mereka membahas politik, sosial budaya, wisata dan hal berkembang lainnya dengan berimbang dan dengan akurasi informasi yang bisa dipertanggung jawabkan.

Salah satu target mereka adalah membuat portal berita riaubook.com menjadi salah satu portal berita yang banyak diakses di Indonesia. Dengan begitu mereka dapat membuat informasi yang disediakan menjadi informasi yang berguna untuk mempromosikan segalanya tentang daerah riau tersebut.

Tapi media online bukan tanpa tantangan, dengan perkembangan digital yang cepat. Arus pertukaran informasi juga semakin cepat. Membuat informasi diragukan akurasinya. Hal ini yang membuat informasi jadi kurang dipercaya, karena beberapa dari antaranya hanya berisi berita atau informasi palsu, yang sering disebut “HOAX”. Hal ini yang menjadi tantangan setiap media online untuk tetap menjaga keabsahan dari tiap berita atau informasi yang mereka buat, terjamin kualitas dan akurasi informasinya.

Terakhir dengan adanya riaubook.com dan segala informasi yang mereka sediakan mampu mengabulkan cita-cita warga riau dan Indonesia secara lebih luas, menjadi portal dan penyedia layanan informasi yang membuat riau dari salah satu daerah yang kurang diperhatikan menjadi salah satu daerah yang dikenal baik di Indonesia bahkan didunia. Sebab riau punya potensi itu.

Advertisements

2 thoughts on “media online, penyedia informasi menebus batas dunia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s